212 CCTV Intai 45 Stasiun

Jelang Lebaran, PT KAI Berbenah

Menjelang arus mudik Lebaran para petugas melakukan pergantian bantalan rel kereta api di kawasan Senen,Jakarta (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah memasang 212 kamera pemantau atau Closed-circuit television (CCTV) pada 45 stasiun di Pulau Jawa dan Sumatera, untuk memastikan kelancaran arus mudik menggunakan transportasi kereta api.”Terkait dengan kesiapan angkutan lebaran, dari sistem informasi kami optimalkan 45 stasiun pakai CCTV, 212 kamera. Setiap stasiun ada 4 CCTV,” kata Direktur Lalu Lintas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Anggoro BW, Senin (14/7/2014).

Anggoro mengungkapkan, CCTV tersebut langsung disambungkan dengan situs resmi Kementerian Perhubungan, sehingga masyarakat bisa mengetahui kondisi langsung di stasiun melalui tayangan streaming.

Untuk memudahkan pemantauan posisi kereta api, instansinya memasang alat Global Positioning System (GPS) di setiap kereta api. “GPS tracking sehingga tau posisi kereta,” ungkapnya.

Kementerian Perhubungan juga menerjunkan 35 orang siswa sekolah dinas untuk membantu tim di lapangan dalam melaporkan data.

“STPD 35 orang kami BKO kan, di lapangan dari H-7 sampai H+7. Kami harapkan tim di lapangan bisa membantu kecepatan laporan data,” tutur Aggoro.

Jika masyarakat mendapat pelayanan yang kurang memuaskan, pihaknya juga telah membuka layanan informasi dan pengaduan melalui pesan singkat atau Short Message Service (SMS).

“Selain itu kami juga sebarkan buku petunjuk. Kami pasang spanduk di lintasan yang rawan kecelakaan. Terutama di Jawa,” pungkasnya. (Pew/Gdn)

WA: Konsultasi Gratis
Klik Disini